Dibawah Komandan Kodim 0712/Tegal Kita Bersama Bangun Kota Tegal

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI pada TMMD Sengkuyung tahap III 2018 di kota Tegal terfokus pada wilayah Kelurahan Mangkukusuman dengan objek lokasi berada di halaman SDN 4 Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Senin (15/10). TMMD resmi dibuka oleh Walikota Tegal Drs HM. Nursholeh, MMPd dengan didampingi Kasdim 0712/Tgal Mayor Inf Abdul Aziz yang disaksikan beberapa pejabat Forkopinda Kota Tegal.

Nursholeh sangat mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin antara pemerintah daerah, TNI dan rakyat dalam kemanunggalan. Menurutnya, pembangunan infrastruktur di Kota Tegal semakin meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas yang salah satunya tidak lepas dari peran serta TNI dengan adanya program TMMD. Selanjutnya Walikota juga berharap dengan adanya perubahan kepemimpinan di Kodim 0712/Tegal, optimisme dalam menggelorakan pembangunan terus semakin ditingkatkan.

“ Dibawah Komandan Kodim 0712 yang baru Letkol Inf Richard Arnold Yaheskel Sangari, Insya Allah kita akan bersama-sama membangun Kota Tegal. Akan menjadi tekad kita bersama untuk terus berkontribusi guna menuntaskan kerja-kerja besar kita. Ini merupakan mandat rakyat yang harus kita jawab dengan kerja keras,”  Ujar Walikota Tegal Nursholeh yang juga membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP.

Gubernur Jawa Tengah dalam sambutan tertulisnya menyampaikan keinginannya untuk terus menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat dengan terus mendorong TMMD sebagai salah satu cara mendukung penurunan kemiskinan.

“ Tentu ini bergerak simultan, sinergis dan selalu terintegritas dengan program yang sedang dan akan dilakukan melalui dana desa maupun kegiatan pembangunan desa lainnya. Ayo, bareng-bareng, lan keroyokan mbangun desa agar maju dan sejahtera,” Ujar Gubernur yang dibacakan Walikota Tegal.

Sebagaimana diketahui bahwa TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan itu ditujukan guna menunjang keberhasilan pembangunan nasional. TMMD Sengkuyung tahap III tahun anggaran 2018 yang dilaksanakan dengan dua sasaran pembangunan fisik dan non fisik.

Sasaran fisik meliputi pemsangan U-Ditch dan Paving sepanjang 94 meter dengan lebar 0,80 meter. Pemasangan U-Ditch dengan panjang 92 meter serta pengecoran plat Beton ukuran panjang 85 meter, lebar 1 meter dan tinggi 0,12 meter.

Sedangkan sasaran non fisik diantaranya seperti penyuluhan TMMD, Wasbang dan Bela Negara, Kenakalan remaja, Kesehatan serta penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan TMMD dilakukan dengan tahap pertama Pra TMMD yang sudah berjalan selama 13 hari dari mulai tanggal 13 hingga 25 september 2018. Sedangkan pelaksanaan TMMD dikerjakan selama 30 hari yang dimulai tanggal 15 Oktober hingga 13 November 2018 dengan melibatkan 110 pekerja yang terdiri dari unsur TNI sebanyak 40 orang, Teknisi PU 5 orang, Linmas 10 orang, Korpri 5 orang dan 50 orang dari unsur masyarakat.

Seluruh kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III TA 2018 ini didukung dengan menggunakan dua sumber dana berupa APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 150.000.000,- (Seratus lima puluh juta rupiah) dan APBD Kota Tegal senilai Rp 229.000.000,- (Dua ratus dua puluh sembilan juta rupiah). (Anis Yahya)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita